Aplikasi Not Responding di Windows 10? Ini 11 Solusinya

Windows 10 adalah salah satu sistem operasi untuk komputer dan juga laptop yang banyak digunakan di seluruh dunia. Windows 10 juga dianggap sebagai salah satu versi terbaik karena telah melalui berbagai macam penyempurnaan dan memiliki banyak fitur canggih. Dengan adanya Windows, kamu dapat dengan mudah menjalankan berbagai macam software dengan fungsi tertentu. Namun terkadang, kita masih menemui masalah aplikasi not responding di Windows 10 yang sangat mengganggu aktivitas.

Apabila pada saat mengerjakan sesuatu kemudian terjadi masalah aplikasi not responding di Windows 10, maka dapat menimbulkan sebuah kerugian. Aplikasi jadi macet sedangkan kita tidak sempat menyimpan apa yang sudah dikerjakan. Kondisi ini sangat menyebalkan karena membuat kita rugi waktu dan juga tenaga. Untuk mengatasi masalah ini silahkan pahami dulu berbagai faktor penyebab aplikasi not responding di laptop dan komputer seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

Aplikasi Not Responding di Windows 10

Cara Mengatasi Aplikasi Not Responding di Laptop dan Komputer Windows 10

Agar tidak terus-terusan mengganggu pekerjaan kamu, maka masalah ini harus segera diperbaiki. Pada dasarnya kita tidak pernah menduga dan tidak pernah tahu kapan error seperti ini terjadi. Untuk sementara waktu, cobalah untuk mencari solusinya sendiri sebelum membawanya ke service center. Cobalah beberapa cara untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 10 seperti berikut ini. Cara ini bisa kamu terapkan untuk laptop atau komputer.

Menghentikan Aplikasi Not Responding

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 10 yang pertama adalah dengan menghentikannya secara paksa. Cara pertama bisa dengan klik kanan pada Task Bar aplikasi yang macet, kemudian pilih Close. Cara kedua dengan menggunakan Task Manager. Silahkan klik Start kemudian ketik Task Manager. Jika sudah ketemu silahkan klik dan buka. Dibagian tab Processes yang terletak paling kanan, carilah aplikasi yang tidak respon tersebut lalu Klik Kanan dan pilih End Task.

Hapus Software Yang Tidak Diperlukan

Langkah kedua yang bisa kamu terapkan agar tidak terjadi masalah aplikasi not responding di Windows 10 adalah dengan menghapus software yang jarang dan tidak kamu gunakan. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di laptop atau komputer maka akan membuat kerjanya menjadi berat. Karena setiap aplikasi akan membutuhkan kapasitas harddisk untuk menyimpan file sistem dan memori RAM untuk bisa berjalan. Jadi, hapus aplikasi yang sudah tidak terpakai supaya beban PC lebih ringan.

Gunakan Tampilan Desktop Sederhana

Barangkali kamu adalah salah satu pengguna PC yang suka dengan berbagai macam widget lucu dan wallpaper slideshow. Sebaiknya, hilangkan itu semua apabila kamu ingin terhindar dari masalah aplikasi not responding di Windows 10. Beberapa widget seperti jam, kalender, note, CPU meter dan lain sebagainya akan membuat komputer atau laptop jadi berat. Beluk lagi jika kamu memakai wallpaper animasi atau slideshow yang membutuhkan akses RAM lebih besar.

Mengurangi Kerja Multitasking

Laptop dan komputer memang diciptakan untuk bekerja secara multitasking atau bekerja dengan banyak aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Namun hal ini harus disesuaikan dengan spesifikasinya. Kamu tidak bisa memakai PC dengan spesifikasi rendah untuk menjalankan beberapa software yang berat sekaligus seperti Adobe Photoshop, Correl Draw, Adobe Illustration, Adobe Premier dan lain sebagainya. Jadi kurangi kerja multitasking agar tidak terjadi aplikasi yang tidak respon di Windows 10.

Mematikan Beberapa Aplikasi Latar Belakang

Terkadang aplikasi latar belakang membuat laptop atau komputer menjadi lebih berat. Hal ini dapat menyebabkan aplikasi not responding di Windows 10 ketika digunakan untuk bekerja. Salah satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mematikan beberapa aplikasi latar belakang tersebut. Kamu bisa cek aplikasi apa saja yang sedang dijalankan oleh PC melalui Task Manager. Kamu juga bisa mematikannya secara paksa atau tidak mengizinkannya berjalan otomatis dari Tas Manager.

Memasang Aplikasi Sesuai Bit Rate

Pada dasarnya Windows yang dipakai pada laptop atau komputer memiliki dua jenis bit rate yakni 32-bit dan 64-bit. Begitu juga dengan suatu aplikasi yang di install, kamu harus menyesuaikan dengan bit rate tersebut. Sebagian contoh apabila PC kamu 32-bit, maka sebaiknya install Photoshop yang 32-bit. Apabila kamu memasang aplikasi yang tidak sesuai dengan bit rate tersebut, kemungkinan akan terjadi masalah aplikasi not responding di Windows 10.

Gunakan Antivirus dan Scanning Ruting

Salah satu hal yang juga bisa membuat aplikasi tidak merespon di Windows 10 adalah malware atau virus. Kita tidak akan pernah tahu darimana asal virus tersebut sehingga kita harus siap dengan antivirus agar bisa melakukan scanning terhadap setiap file yang masuk ke PC. Terkadang virus bisa datang dari aplikasi bajakan yang kita pasang, dari web yang di akses atau dari file yang kita download. Malware akan membuat file sistem pada software rusak sehingga jadi tidak normal saat dijalankan.

Kurangi Penggunaan Plugin Tambahan

Beberapa software pada Windows menang dapat dipasang plugin tambahan guna memudahkan suatu pekerjaan tertentu. Namun ternyata semakin banyak plugin terpasang juga membuat laptop atau komputer tersebut menjadi berat. Tak heran jika menyebabkan aplikasi not responding di Windows 10. Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengurangi atau mencopot beberapa plugin dari aplikasi tersebut. Gunakanlah plugin yang menurutmu paling penting.

Baca Juga:
  1. Berhasil! Inilah 4 Cara Download Driver Laptop Yang Cocok
  2. Cara Mudah Buka Situs Diblokir di Chrome HP Android
  3. Laptop Cepat Panas? Ini Dia Penyebab dan Cara Mengatasinya

Menambah Kapsitas RAM

Cara selanjutnya untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 10 adalah dengan menambah RAM. Hal ini bisa kamu lakukan  apabila masalah ini sangat sering terjadi. Karena pada dasarnya RAM sangat menentukan kelancaran aplikasi ketika dijalankan. Semakin besar kapasitas RAM yang kamu gunakan maka akan semakin cepat kinerja laptop atau komputer dalam  menjalankan suatu aplikasi.

Migrasi Harddisk ke SSD

Buat kamu yang belum tahu apa itu SSD, adalah hardware penyimpanan data sejenis harddisk namun menggunakan teknologi yang berbeda dan lebih canggih. Kinerja SSD apalagi dari segi kecepatan sangat jauh lebih cepat daripada harddisk bisa. Dengan penggunaan SSD, masalah aplikasi not responding di Windows 10 kemungkinan besar bisa teratasi. Pasalnya, salah satu penyebab aplikasi macet adalah pada kecepatan harddisk yang rendah. Ini Kelebihan dan Kekurangan SSD Yang Perlu Kamu Ketahui.

Lakukan Install Ulang Pada PC

Solusi terakhir untuk aplikasi not responding di Windows 10 adalah dengan install ulang. Umumnya masalah ini terjadi karena masalah software, sedangkan salah satu cara efektif untuk mengembalikan sistem ke kinerja terbaiknya adalah dengan install ulang. Terlebih jika laptop atau komputer yang kami gunakan saat ini sudah lama tidak di install ulang. Ada kemungkinan beberapa file sistem mengalami crash atau corrupt seiring dengan lamanya waktu penggunaan.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara untuk mengatasi aplikasi not responding di Windows 10. Namun yang jelas, masalah ini umum terjadi pada laptop atau komputer. Meski tidak dikategorikan sebagai kerusakan serius, namun masalah ini cukup merugikan apalagi terjadi ketik sedang bekerja. Bisa-bisa apa yang sudah kita kerjakan jadi hilang begitu saja. Dengan pembahasan diatas, diharapkan kamu bisa mengatasi masalah ini sendiri.

Aplikasi Not Responding di Windows 10? Ini 11 Solusinya