Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi

Secanggih apapun sebuah smartphone Android pasti pernah mengalami masalah. Salah satu masalah yang bisa terjadi pada ponsel pintar adalah masalah pengisian daya yakni HP dicas tidak mengisi. Masalah ini bisa dibilang unik. Normalnya sebuah HP apabila disambungkan dengan charger maka langsung akan masuk arus listrik yang mengisi baterai. Namun di kasus kali ini, kamu akan mendapat indikator ponsel yang tidak menunjukkan status pengisian meski sudah terhubung ke charger.

Masalah HP dicas tidak mengisi seperti ini sangat menyebalkan dan menimbulkan kekhawatiran yang berlebih bagi siapa saja yang mengalaminya. Apalagi kondisi ponsel yang tidak bisa dicas akan membuat baterai kosong sehingga ponsel tidak bisa digunakan untuk berbagai aktivitas. Namun ternyata, masalah charging ini umumnya disebabkan oleh cara penggunaan yang tidak baik sehingga membuat hardware dan software pada ponsel menjadi cepat rusak. Akibatnya baterai dan perangkatnya berfungsi tidak normal.

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi

Penyebab HP Tidak Bisa Dicas Yang Harus Kamu Ketahui

Buat kamu yang saat ini mengalami masalah pada sistem pengisian daya ponsel, jangan merasa bahwa ponsel kamu sudah rusak. Karena hal itu belum tentu benar. Kamu harus bisa memastikan faktor penyebabnya terlebih dahulu karena ada banyak hal yang mempengaruhi kondisi ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab HP dicas tidak mengisi yang perlu kamu ketahui. Barang kali satu diantaranya menjadi akar permasalahanmu.

IC Charger Rusak

Penyebab kenapa HP dicas tidak mengisi yang pertama mungkin ada pada charger itu sendiri. Terkadang charger ponsel juga bisa mengalami kerusakan seiring dengan lama  penggunaan dan berjalannya waktu. Masalah kerusakan charger ini umumnya ada pada IC yang sudah rusak. IC sendiri memiliki fungsi sebagai pengontrol daya dan juga mengatur arus dari AC menjadi DC. Jadi apabila rusak maka tidak akan bisa mengalirkan arus listrik ke baterai ponsel.

Kabel Data Yang Putus

Selain charger masalah HP tidak bisa dicas bisa disebabkan oleh kabel data yang putus. Meski saat ini kabel data kamu masih terlihat mulus, namun kita tidak tahu bagaimana bagian dalamnya. Tampilan luar charger yang mulus dan tidak ada goresan bukanlah jaminan bahwa fungsinya masih normal. Terkadang kabel kecil didalamnya ada yang putus sehingga tidak bisa mengalirkan arus listrik ke baterai ponsel yang membuat seakan ponsel tidak bisa dicas.

Sistem Yang Mengalami Masalah

Selain masalah pada hardware, HP dicas tidak mengisi juga bisa dikarenakan sistem yang mengalami masalah. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa sebagian fungsi hardware dikendalikan oleh software. Barangkali sistem pengisian daya pada ponsel kamu saat ini sedang bermasalah sehingga apabila dicas tidak mengisi. Ponsel yang tidak bisa dicas akibat kesalahan sistem biasanya akan lebih mudah untuk diperbaiki tanpa harus dibongkar terlebih dahulu.

Baterai Ponsel Yang Sudah Rusak

Penyebab HP dicas tidak mengisi yang terakhir adalah kerusakan pada baterai. Rusaknya baterai pada sebuah ponsel umumnya dikarenakan penggunaan yang tidak wajar. Sebagai contoh sering dicas sambil digunakan, menggunakan ponsel dalam waktu lama, charger sering dicabut ketika belum penuh dan lain sebagainya. Jika ponsel kamu pakai baterai tanam, maka untuk melakukan pengecekan harus dibongkar terlebih dahulu.

Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi atau Tidak Bisa Dicas

Setelah tahu beberapa penyebab HP tidak bisa dicas diatas, seharusnya kamu semakin paham pada akar permasalahannya. Meski aktivitas kamu sedikit terganggu dengan masalah ini, jangan bingung dulu karena solusinya mungkin saja cukup sederhana. Disini akan kita bahas cara mengatasi HP tidak bisa dicas yang mungkin bisa jadi solusi untuk masalah charging pada ponselmu.  Langkah-langkahnya seperti berikut ini:

Info: Cara ini bisa diterapkan untuk berbagai macam tipe dan merk smartphone berbasis sistem operasi Android seperi Oppo, Vivo, Xiaomi, Lenovo, Realme, Samsung, Huawei, Acer, LG, Advan, Evercoss dan lain sebagainya.

Restart HP Terlebih Dahulu

Apabila HP tidak bisa dicas ketika sedang kamu gunakan, maka cobalah untuk melakukan Restart terlebih dahulu. Restart adalah salah satu langkah awal yang paling efektif dalam mengatasi masalah apapun termasuk HP dicas tidak mengisi. Kenapa? Karena dengan melakukan restart maka semua pengaturan akan kembali ke posisi default. Terlebih ponsel yang digunakan akan bekerja lebih berat untuk menjalankan aplikasi sehingga CPU terbebani. Daya yang masuk akan tersedot oleh CPU tersebut.

Matikan Ponsel Ketika di Charge

Apabila dengan restart masih tidak membuahkan hasil. Sebaiknya lakukan proses charging dengan posisi ponsel dalam keadaan mati. Ponsel yang mati akan beristirahat total sehingga tidak ada satupun hardware yang bekerja. Dengan begini sistem pengisian daya diharapkan bisa bekerja normal sehingga masalah HP dicas tidak mengisi bisa teratasi. Selain memudahkan proses pengisian daya, ponsel yang dicas dalam keadaan mati dapat membuat baterai lebih awet.

Coba Gunakan Adaptor Charger Yang Lain

Cara lainnya yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah HP dicas tidak mengisi adalah dengan mengganti adaptor charger. Kamu bisa meminjam adaptor charger ke teman, saudara atau sahabat yang ada disekitarmu. Terkadang jika penyebab ponsel tidak bisa dicas ada pada charger-nya, maka dengan cara ini akan ketahuan. Apabila charger kamu benar-banar rusak, sebaiknya beli yang baru. Disarankan untuk tetap memakai charger original meski harganya sedikit lebih mahal.

Ganti Dengan Kabel Data Yang Lain

Selain mengganti adaptor charger, kamu juga bisa mengganti kabel data untuk mengetahui apakah  kebel data milikmu saat ini masih normal ataukah sudah rusak. Meski masih mulus dari luar, kadang kabel power dibagian dalam putus yang membuat aliran listrik tidak bisa mengalir. Kadang kabel power yang putus dibagian dalam sulit untuk diketahui karena masih terbungkus oleh kulit kabel bagian luar. Yang pasti kondisi ini membuat HP tidak bisa dicas.

Baca Juga:
  1. Menarik! 11 Game Android Teka-Teki Logika Untuk Asah Otak
  2. Efektif! 12 Cara Menghemat Baterai HP Saat Perjalanan Jauh
  3. Penyebab dan Cara Mengatasi HP Sering Restart Berulang-ulang

Bersihkan Ujung Kabel Data

Selain itu, kamu juga bisa mencoba membersihkan ujung kabel dengan kuas atau sikat. Tujuannya supaya kotoran yang menempel dan menghambat arus bisa hilang. Kotoran yang berasal dari debu bisa masuk kedalam interface kabel data seiring dengan lamanya penggunaan sehingga banyak yang menumpuk. Apalagi jika kamu tidak pernah membersihkannya. Pasti akan ada banyak kotoran yang menghambat arus listrik. Cara membersihkannya seperti berikut.
  • Siapkan cairan pembersih elektronik yang bisa kamu beli di toko atau beli secara online
  • Semprotkan cairan tersebut kedalam lubang interface USB kabel data dan juga pada ponsel.
  • Sapu sedikit dengan sikat halus seperti kuas make up, kuas lukis, atau sikat gigi halus.
  • Lap sisa cairan dengan tisu kering. Pastikan kamu mengelap bagian dalam dengan hati-hati.

Lakukan Kalibrasi Baterai

Terkadang setelah selesai update sistem ke versi baru beberapa fungsi jadi tidak normal termasuk sistem pengisian daya yang memuat HP dicas tidak mengisi. Meski jarang ada kasus, namun kondisi seperti ini sangat mungkin terjadi. Kadang status isi baterai menjadi tidak akurat antara yang muncul di layar ponsel dan daya baterai sesungguhnya. Maka dari itu perlu dilakukan kalibrasi agar statistik baterai kembali normal.
Cara melakukan kalibrasi baterai: Download aplikasi Battery Calibration di Playstore >> Charge baterai hingga penuh >> Buka aplikasinya >> Klik tombol Start lalu tunggu prosesnya hingga selesai.

Ganti Baterai Dengan Yang Baru

Selanjutnya kamu bisa mengatasi masalah HP dicas tidak mengisi dengan mengganti baterai. Hal ini harus kamu lakukan berdasarkan rekomendasi dari tukang servis yang sudah melakukan cek terlebih dahulu. Karena pada dasaranya apabila masalah HP tidak bisa dicas ada pada baterainya, mau tidak mau harus diganti. Terlebih kebanyakan smartphone saat ini pakai baterai tanam yang harus dibongkar dulu bisa akan menggantinya.

Lakukan Factory Reset

Jurus terakhir dalam mengatasi HP dicas tidak mengisi adalah factory reset atau reset ke setelan pabrik. Cara yang satu ini hingga kini masih dianggap efektif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan smartphone. Kadang HP yang tidak bisa dicas atau dicas tidak masuk terpengaruh oleh sistem yang mengalami crash. Dengan factory reset maka semua file termasuk sistem akan kembali seperti saat pertama kali ponsel dibeli.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai beberapa penyebab dan cara mengatasi HP dicas tidak mengisi. Meski cara-cara yang dilakukan cukup sederhana, namun akan berhasil apabila masalah HP tidak bisa dicas tersebut belum terlalu parah. Sebaliknya, apabila cara diatas tidak kunjung membuahkan hasil, disarankan supaya membawa ponsel ke tukang service terdekat karena tidak semua masalah ponsel bisa kita perbaiki sendiri.

Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi HP Dicas Tidak Mengisi