Cara Berjualan dan Membuat Online Shop di Instagram Cepat Maju Serta Berkembang

Di era digital seperti saat ini, cara untuk mendapatkan penghasilan pun sudah maju dan berkembang salah satunya adalah dengan memanfaatkan koneksi internet yang saat ini sudah bisa dinikmati oleh siapa saja. Ada berbagai macam profesi dan pekerjaan yang berkaitan erat dengan internet salah satunya adalah bisnis online. Kini berjualan online di media sosial seperti Instagram sudah dapat dikategorikan sebagai profesi yang banyak di tekuni.

Mudahnya akses internet diberbagai tempat membuat bisnis dan wirausaha khususnya sektor jual beli menjadi maju serta berkembang yang semula konvensional kini beralih menjadi online. Banyaknya orang yang aktif sebagai pengguna sosial media seperti Instagram membuatnya menjadi sasaran empuk para pedagang  yang berjualan online dalam mencari konsumen. Alhasil semakin hari semakin banyak online shop bermunculan di Instagram dengan memajang berbagai gambar menarik dari berbagai macam produknya.

Cara Berjualan dan Membuat Online Shop di Instagram Cepat Maju Serta Berkembang

Konsep Instagram yang begitu sangat visual dengan gambar-gambar amat sangat memudahkan serta sangat cocok digunakan sebagai online shop. Ini memudahkan pedagang yang berjualan online untuk dapat menjaring konsumen lebih luas dengan mengunggah berbagai foto-foto produk yang menarik. Interaksi visual yang dilakukan penjual online di Instagram akan mudah menarik perhatian pembeli daripada media sosial yang lain.

Lalu Bagaimana Cara Berjualan dan Membuat Online Shop di Instagram Maju Serta Berkembang?

Meskipun Instagram digadang-gadang sebagai sosial media yang paling mudah digunakan untuk berjualan online secara direct dengan konsumen, namun tidak serta-merta online shop yang sudah didirikan disana bisa cepat maju dan berkembang. Lamanya proses pemasaran yang membutuhkan kesabaran tinggi membuat banyak penjual online menyerah dan menutup akun toko online mereka di Instagram.

Padahal jika kita lebih pandai dalam mengatur strategi saat berjualan online di Instagram, bukan sebuah hal yang tidak mungkin online shop kita menjadi maju dan ramai pembeli. Semua kegiatan bisnis online memang memerlukan strategi tertentu agar mampu menjangkau masyarakat secara luas. Maka dari itu, simak 8 cara berjualan online di instagram agar cepat maju dan berkembang berikut ini.

Buat Akun Khusus

Ini adalah hal penting namun sering disepelekan oleh para pemilik online shop. Ketika anda menggunakan sosial media seperti Instagram untuk berjualan online, usahakan untuk tidak menggunakan akun pribadi. Jadi buatlah akun khusus yang difungsikan sebagai toko dan juga merepresentasikan produk yang dijual. Mencampur online shop dengan akun pribadi hanya akan menghambat online shop untuk bisa maju dan berkembang.

Gunakan Akun Bisnis Instagram

Salah satu hal yang harus anda pelajari ketika menggunakan Instagram sebagai online shop adalah fitur akun bisnis yang tersedia. Di Instagram seorang pedagang online dapat menggunakan akun bisnis untuk berbagai keperluan usahanya. Akun bisnis ini akan lebih terlihat profesional dan pastinya dapat menjangkau auiden secara lebih luas. Maka dari itu ubahlah akun biasa anda ke akun bisnis Instagram supaya cepat maju dan berkembang.

Tautkan Dengan Akun Medsos Lain

Satu hal lagi hal sepele namun tidak kalah pentingnya adalah menautkan akun instagram anda ke akun media sosial lain seperti Facebook, Twitter dan Tumblr. Menautkan berarti kita mengaitkan akun online shop di Instagram ke berbagai akun media sosial lain. Hal ini memiliki tujuan untuk menjaring lebih banyak follower karena sistem notifikasi pada Instagram selalu meberi tahu teman kita yang menggunakan sosmed lain bahwa kita memiliki akun Instagram dengan nama tertentu.

Promosikan Akun Instagram Sesering Mungkin

Untuk membuat online shop di Instagram cepat maju dan berkembang dengan banyak pengikut serta jangkauan yang luas, jangan pernah malas untuk terus mempromosikan akun Instagram kepada siapapun. Jika memiliki akun sosial media lain seperti Facebook, Twitter, Line, Pinterest dan lain-lain, gunakanlah akun tersebut untuk promosi supaya bisa menjangkau konsumen lebih banyak lagi. Semakin sering promosi maka akan lebih maksimal.

Baca Juga:
  1. Simak! 7 Tips Membuat Akun Online Shop Di Instagram
  2. 10 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Promosi Di Instagram 
  3. Cara Memaksimalkan Instagram Untuk Bisnis dan Promosi

Buat Portofolio Dengan Penataan Gambar Yang Menarik

Salah satu kelebihan Instagram yang harus dimanfaatkan adalah tampilan viusalnya dimana setiap akun memiliki galeri timeline yang dapat memajang foto secara berjajar. Hal itu harus kita manfaatkan untuk membuat portofolio yang menarik dengan menata dan membuat gambar menjadi sebagus mungkin. Ini adalah salah satu trik untuk menarik perhatian konsumen agar terkesan dengan produk yang kita jual.

Gunakan Iklan Berbayar

Di Instagram kita dapat membuat iklan berbayar dengan biaya tertentu. Besarnya biaya yang kita tentukan sangat berpengaruh terhadap luasnya promosi yang bisa dijangkau. Cara ini memang tidak disarankan bagi anda yang memiliki budget rendah, namun cara ini cukup efektif untuk membuat online shop di Instagram cepat maju dan berkembang dengan mendatangkan banyak pengikut serta jangkauan audien yang sangat luas.

Guankan Jasa Promosi Berbayar

Tidak berbeda jauh dengan iklan berbayar, jasa promosi berbayar juga bisa menjadi alternatif untuk membuat online shop di Instagram cepat maju dan berkembang. Bedanya, disini kita menggunakan jasa seorang pengguna Instagram dengan banyak follower seperti publik figur atau selebgram. Untuk biaya yang harus dikeluarkan cukup lumayan apalagi jika jasa yang kita pilih memiliki pengaruh yang tinggi terhadap masyarakat.

Sabar dan Konsisten

Hal terakhir yang harus anda perhatikan saat berjualan online adalah sabar dan konsisten terlebih jika online shop didirikan mulai dari nol. Merintis usaha itu memang susah, namun jika kita mau bersabar dan terus konsisten dengan usaha yang dijalankan, bukanlah suatu hal yang mustahil bisa membuat online shop di Instagram cepat maju dan berkembang. Tekuni terus bisnis online anda, semua usaha pasti butuh waktu untuk merangkak naik menjadi lebih besar.

Penutup
Itulah beberapa penjelasan mengenai cara berjualan dan membuat online shop di instagram maju serta berkembang. Bagi anda yang sudah memiliki online shop, jangan pernah menganggap bahwa bisnis online anda hanyalah kegiatan sampingan semata. Saat ini sudah banyak toko online yang maju dan berkembang menjadi besar dengan omzet hingga ratusan juta sebulan. Tentu hal itu tidak instan, semua hal yang besar berawal dari sesuatu yang kecil dengan berbagai proses panjang yang sudah dilalui.

Cara Berjualan dan Membuat Online Shop di Instagram Cepat Maju Serta Berkembang